Tipe Database apa itu database

Yuk Intip Deretan Tipe Database Beserta Pengertiannya

Info Terkini

Era dimana semua aktivitas sudah mulai beralih ke dunia digital seperti saat ini, menjadikan sebagian orang lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengakses sebuah aplikasi. Umumnya, aplikasi yang diakses dapat berupa online maupun offline. Pada aplikasi tersebut dibutuhkan sebuah proses penyimpanan data atau biasa dikenal dengan basis data. Yuk simak informasinya disini!

Sekilas Mengenai Basis Data

Basis data merupakan istilah yang berkaitan dengan teknologi jaringan komputer. Database sendiri memiliki banyak manfaat salah satunya sebagai penyimpanan untuk data data yang saling berhubungan dengan perangkat lunak. Selain itu, database juga mengacu sebagai sistem manajemen sistem. Singkatnya, basis data berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan informasi.

Tipe Database mysql data type

Menurut S. Atte, database memiliki definisi yaitu sebagai sebuah kumpulan sejumlah data yang saling berhubungan yang terdapat dalam suatu organisasi maupun enterprise dari berbagai kegunaan. Sedangkan menurut Jogiyanto, basis data merupakan sebuah kumpulan data dan informasi yang berhubungan dimana dalam pengelolaannya dibutuhkan suatu perangkat lunak.

Tipe Tipe Dari Basis Data

1. Operational Database

Dalam dunia teknologi, basis data memiliki berbagai cabang pada tipe dan modelnya. Salah satu tipe database tersebut adalah operational. Tipe dari basis data ini biasa digunakan untuk memperbaharui data secara real time. Selain itu, basis data yang satu ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengubah, menambah, hingga menghapus data secara real time.

Mulai tahun 1990 an, pasar software database tipe yang satu ini banyak dikuasai oleh sistem yang berasal dari SQL (Structured Query Language). Umumnya, database NoSQL akan berfokus pada skalabilitas data. Tak hanya itu saja, saat ini sistem dari operational database sudah mengalami perkembangan. Sehingga tipe data base ini sudah sangat mendukung tipe basis data yang lainnya.

2. Data Warehouse

Sesuai dengan namanya, tipe basis data ini memiliki tujuan untuk menyimpan informasi atau data dari waktu ke waktu. Data yang tersimpan pada warehouse ini merupakan database operasional. Pada basis data jenis ini, anda dapat mencari sumber utama data yang telah diubah, diperiksa, serta terintegrasi.

Pada umumnya, database ini digunakan oleh para manajer dan end user yang memiliki izin akses. Seiring berjalannya waktu, basis data satu ini banyak mengalami perkembangan. Data warehouse ini juga dapat memberikan fasilitas berupa sharing data tanpa adanya arsitektur untuk skala yang ekstrim.

3. Analytical Database

Tipe basis data yang berikutnya adalah analytical database. Basis data tipe ini merupakan database yang dapat mengelola dan menyimpan data dalam jumlah besar. Data tersebut mulai dari informasi bisnis, pasar, hingga data pelanggan untuk menganalisis business intelligence. Umumnya database ini berisikan data dan informasi yang ringkas supaya mudah dibaca.

Tipe Database

Tidak hanya itu saja, analytical database juga dirancang untuk mengoptimalkan secara khusus skalabilitas dan query menjadi yang lebih cepat. Tipe basis data satu ini juga sering dibutuhkan oleh sebuah organisasi manajemen dan pengguna lainnya yang membutuhkan wadah penyimpanan data dengan skala yang besar.

4. Distributed Basis Data

Distributed database merupakan tipe basis data yang terdiri dari dua berkas maupun lebih. Selain itu, data yang ada pada tipe database satu ini terletak pada situs yang berbeda. Fungsi dari distributed basis data yaitu untuk mengelompokkan data pada setiap departemen melalui fungsi dari divisi. Penerapannya, sistem ini digunakan untuk membagi basis data melalui workgroup local.

Itulah sekilas informasi mengenai pengertian database beserta tipe tipenya. Mengenal dan mempelajari suatu data base memang tidaklah mudah. Semoga dengan adanya informasi diatas dapat memberikan anda sejumlah wawasan dan pengetahuan mengenai macam macam database yang sering digunakan di jaringan komputer dan internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *