Mengenal Dokumentasi API Untuk API Web

Info Terkini

Selain Web service kita juga mengenal Web API. Web API merupakan suatu alamat web atau end point yang prosedur dokumentasi API dibuat secara khusus untuk membantu dalam upaya penanganan berbagai macam task.
Penggunaan web API didasarkan atas request yang diterima. Terkadang juga memiliki parameter yang dijadikan sebagai sebuah data untuk menampilkan hasil yang diinginkan. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dan pastinya harus disediakan dalam pembuatan Web API dan berikut informasinya untuk Anda!
Mengenal Dokumentasi API Untuk API Web
Sesuai dengan namanya, API Web merupakan dokumentasi API yang diakses melalui protokol HTTP. API Web merupakan suatu konsep API bukan teknologi. Jadi Anda bisa membuat API Web dengan memanfaatkan teknologi yang berbeda seperti misalkan membuat API Web melalui program PHP, Java, .NET dan sebagainya.
Sebagai contoh misalkan Rest API dari Twitter hadir menyediakan akses read dan write data yang mengintegrasikan antara Twitter dengan aplikasi yang kita bangun. Pada beberapa kasus untuk mengakses API dibutuhkan suatu kode otentifikasi tersendiri yang legal dan sudah berizin.
Kode otentifikasi tersebut digunakan untuk melihat data yang diinginkan. Di dalamnya, segala hal yang berkaitan dengan suatu rule ditentukan oleh seorang programmer yang membuat dan mengeksekusi API untuk keperluan suatu pemrograman.
Beberapa hal yang harus diperhatikan dan disiapkan dalam pembuatan Web API di antaranya :
Mendukung fungsi dari CRUD yang bekerja melalui HTTP protocol dengan memanfaatkan method GET, POST, PUT dan juga Delete.
Memiliki response terhadap Accept Header serta HTTP status code
Memberikan response dengan menggunakan berbagai macam format mulai dari format JSON, XML atau format lain yang diinginkan. Akan tetapi kebanyakan digunakan dalam format JSON dibandingkan format yang lainnya.
Mendukung fitur MVC seperti halnya controllers, routing, action results, filter, IOS, container, model dan sebagainya.
Web API bisa berjalan menggunakan Apache atau suatu web server lain yang didukung sesuai dengan bahasa pemrograman yang memang digunakan.
API Web tentu saja berbeda dengan Web Service. Jadi keduanya bukan merupakan interface yang sama. Perbedaan antara Web API dengan Web service di antaranya :
Segala hal yang berkaitan dengan web service akan menggunakan API akan tetapi tidak semua API akan digunakan sebagai web service
Web service akan memberikan fasilitas untuk melakukan interaksi antara dua perangkat atau aplikasi melalui mekanisme jaringan. Sementara Web API akan bertindak sebagai penghubung antara dua aplikasi yang berbeda. Dengan begitu komunikasi satu sama lain akan semakin baik dengan atau tanpa jaringan.
Web service hanya akan menggunakan 3 macam style API atau arsitektur yaitu SOAP, REST atau XML-RPC untuk mengomunikasikan dengan web service sementara API akan menggunakan style apapun.
Web Service akan selalu butuh dengan mekanisme jaringan untuk membantu operasionalnya sementara API web tidak selalu memerlukan mekanisme jaringan untuk operasionalnya.
Cara kerja web API dengan web service tentu saja berbeda. Kemudahan dalam pengembangannya juga berbeda. Namun memang web API merupakan mekanisme dokumentasi Web yang jauh lebih simple dibandingkan dengan web service.
Oleh sebab itu penggunaan web API dalam pembuatan suatu website sedang banyak dikembangkan. Anda pun bisa memanfaatkannya untuk memudahkan setiap langkah. Semoga informasi di atas menjadi ulasan yang membawa beragam manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *