Manfaat Wakaf wakaf mengalir

Manfaat Wakaf Bagi Pewakaf dan Penerimanya

Info Terkini

Manfaat Wakaf tak hanya dirasakan bagi penerima wakaf saja, tetapi juga bisa dirasakan oleh pemberi wakaf. Ketenangan hati adalah salah satu manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh kedua belah pihak. Beberapa ulasan informasi berikut ini semoga akan menambah wawasan dan keinginan anda untuk berwakaf.

5 Manfaat dan Hikmah Berwakaf

1. Melatih Jiwa Sosial Dalam Bermasyarakat

Wakaf bisa menjadi salah satu cara untuk melatih jiwa sosial. Karena dengan beramal memberikan sebagian harta kita akan membantu sesama yang kekurangan. Dengan beramal seperti ini akan melatih kita dalam kegiatan berbagi dan melatih empati. Empati yang terasah akan menjadikan kita manusia yang dengan pribadi lebih baik.

Manfaat Wakaf apple

Wakaf adalah amalan yang tidak mengikat dan hanya diruntukkan bagi yang mampu. Wakaf dalam bentu harta benda bisa bertujuan untuk kepentingan publik. Seperti wakaf tanah dan bangunan yang akan digunakan untuk pembangunan sarana publik. Sekolah, rumah sakit atau madrasah adalah salah satu sarana yang dibangun untuk wakaf.

2. Memahami Bahwa Harta Bersifat Tidak Kekal

Harta adalah titipan Tuhan YME kepada kita manusia yang hidup. Pengertian ini adalah hal yang selalu di tanamkan kepada umat muslim sejak kecil. Oleh karena itu beramal menjadi salah satu bentuk kesadaran kita bahwa harta hanyalah titipan. Harta bersifat tidak kekal dan tidak akan dibawa sampai mati.

Dengan berbagi sebagian harta kita untuk kepentingan publik, maka akan semakin menyadarkan bahwa harta bukanlah hal yang selalu di kejar di dalam dunia. Apalagi bila harta tersebut nantinya akan lebih bisa bermanfaat bagi umat dan lingkungan sekitar. Tentunya akan lebih baik bila dikelola dengan baik.

3. Suatu Amalan Yang Tidak Terputus

Wakaf biasanya tidak mempunyai jangka waktu. Bila seseorang mewakafkan sebagian harta bendanya, maka harta benda tersebut akan bersifat selamanya di gunakan untuk kepentingan publik. Hal ini lah yang membuat amalan satu ini menjadi amalan yang tidak terputus. Selama tetap digunakan dan bermanfaat tentu akan mendatangkan pahala untuk pemberi wakaf.

Meski pemberi wakaf sudah meninggal dunia tetapi amalan dan pahala yang bersumber dari wakaf yang diberikan semasa hidup tidak akan terputus. Oleh karena itu, banyak orang yang senang berwakaf karena akan memberikan manfaat yang besar bagi umat dan juga bagi pemberi wakaf itu sendiri.

4. Cara Mencegah Kesenjangan Sosial

Wakaf juga bisa dijadikan sebagai jembatan untuk mengurangi kesenjangan sosial. Masyarakat yang tidak mampu biasanya kurang bisa mengakses fasilitas publik yang memadai. Dengan adanya fasilitas publik dari hasil wakaf ini tentu akan membuat masyakarat yang dulunya tidak bisa mengakses sarana publik akan bisa merasakan seperti masyarakat lainnya.

Manfaat Wakaf

Sarana publik yang biasanya di bangun diatas tanah wakaf ada bermacam macam. Antara lain seperti sekolah, madrasah, rumah sakit dan tempat ibadah. Dengan ditekannya kesenjangan sosial maka tentu akan semakin mempererat tali silaturahmi antar umat dan lingkungan masyarakat pada umumnya.

5. Mengambil Peran Dalam Proses Pembangunan Negara

Manfaat Wakaf banyak sekali terutama untuk kesejahteraan umat dan juga lingkungan sekitar. Salah satu jenis wakaf yaitu membangun sarana publik seperti sekolah, madrasah dan rumah sakit. Hal ini juga dapat membantu perkembangan pembangunan negara yang dilakukan lewat pendidikan dan kesehatan.

Wakaf adalah amalan yang bersifat sunnah dalam Agama Islam. Wakaf juga bisa berbentuk apa saja dengan jangka waktu yang juga bisa dipilih. Wakaf bisa berbentuk harta benda yang tidak bergerak maupun dalam bentuk uang. Berbagai bentuk amalan dalam Islam tidaklah mengikat dan wajib tetapi lebih kepada kemampuan masing masing orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *