Manfaat Dokumentasi API dalam Pemrograman

Info Terkini

Sebagai perantara aplikasi satu dengan aplikasi lainnya dalam bahasa pemrograman, API atau Application Programming Interface merupakan suatu interface yang penting. Tanpa adanya dokumentasi API dalam pemrograman, bahasa pemrograman bahkan tidak bisa dipahami dengan mudah.
Oleh sebab itu API dalam kegiatan pemrograman suatu website, aplikasi apapun itu sangat penting. Ada banyak manfaat yang bisa ditemukan dibalik keberadaan Application Programming Interface ini. Apa saja?
Manfaat Dokumentasi API dalam Pemrograman
Mempermudah dalam membangun aplikasi yang fungsional
Penggunaan API akan memudahkan pembuatan aplikasi. Bahkan dengan API, aplikasi yang bisa dicreate jauh lebih fungsional dan kompleks. Anda tidak perlu menambahkan data secara manual, aplikasi yang dikembangkan akan memiliki suatu fitur yang didapatkan dari aplikasi tujuan.
Penggunaan API juga cukup membantu dalam proses pembuatan platform salah satunya menjadikan Gojek yang bisa diakses dengan sangat mudah semakin besar saat ini. Gojek menjadi sebuah aplikasi yang fungsional dan efisien karena developer memang mengembangkan layanan ini karena penggunaan peta sebagai bagian elemen utama yang berjalan sangat baik.
Pengembangan aplikasi jadi lebih efisien
Karena adanya API, Anda tidak perlu melakukan komunikasi secara langsung dengan aplikasi lain yang ingin dihubungkan. Anda hanya perlu mengomunikasikan apa yang diinginkan melalui API. Hal ini tentu akan sangat memudahkan proses sehingga proses manual pun tidak diperlukan.
Anda yang ingin membangun aplikasi lintas platform juga akan menemukan beragam layanan sekaligus. Misalkan ketika Anda membangun suatu website untuk melakukan pemesanan tiket online di berbagai maskapai. Melalui bantuan API, Anda cukup hanya perlu melakukan integrasi pada masing – masing layanan maskapai yang ada.
Dengan begitu Anda tidak perlu lagi melakukan komunikasi manual baik berupa update harga, atau mencari informasi seat sendiri karena semua informasi yang Anda butuhkan sudah disediakan. Anda juga bisa dengan mudah menambahkan atau mengurangi integrasi layanan sesuai dengan perkembangan bisnis Anda.
Membantu meringankan beban server
Dengan menggunakan API, semua data tidak perlu disimpan pada server Anda sendiri. Anda cukup meminta API untuk mendapatkan data terbaru dari server aplikasi asalnya. Dengan demikian server Anda tidak akan melakukan tugas yang terlalu berat sehingga server Anda tidak akan terbebani. Resiko website tidak dapat diakses karena server down pada akhirnya tidak akan dialami.
Untuk API yang digunakan oleh developer dalam membangun atau mengonsep suatu aplikasi yang akan diluncurkan, data – data yang akan dikirim akan berkaitan dengan arsitektur API seperti apa. Beberapa model arsitektur API terdiri atas :
RPC
RPC merupakan suatu teknologi untuk membuat komunikasi yang terjadi antara client side dengan server side. Arsitektur ini bisa dilakukan dengan menggunakan konsep yang sederhana. RPC sendiri memiliki berbagai jenis. Setidaknya terdapat dua jenis RPC yang terdiri atas XML – RPC dan JSON – RPC.
Masing – masing tentu memiliki perbedaan. XML – RPC merupakan arsitektur yang memanfaatkan format XML sebagai media perpindahan datanya. Sementara JSON – RPC memanfaatkan JSON untuk menjadi mekanisme perpindahan datanya.
SOAP
SOAP adalah kependekan dari Simple Object Access Protocol. Arsitektur API ini menggunakan XML yang memungkinkan segala macam data tersimpan dalam sebuah dokumen.
REST
REST atau Representational State Transfer merupakan suatu arsitektur API yang populer dengan kemudahan penggunaannya. Tidak perlu coding yang panjang untuk menggunakannya. REST menggunakan JSON sebagai bentuk data sehingga segalanya akan jauh lebih ringan. Performa aplikasi yang menggunakan arsitektur API REST juga jauh lebih baik lagi.
Itulah sedikit informasi tentang manfaat dokumentasi API dalam pemrograman beserta jenis – jenis arsitekturnya. Semoga Anda bisa mengambil manfaat dari informasi di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *