dokumentasi API Alasan Utama Mengapa Anda Harus Membuat Website untuk Bisnis Online

Jenis – Jenis API dalam Dokumentasi API

Info Terkini

Seorang programmer atau back end developer tentu sudah paham tentang dokumentasi API yang sangat berkaitan dengan kegiatan sehari – harinya. API merupakan kependekan dari Application Programming Interface.

Application Programming Interface ini merupakan suatu interface yang dapat menjadi suatu elemen penghubung antara aplikasi satu dengan lainnya, website satu dengan lainnya atau program satu dengan lainnya.

Dalam dokumentasi API, jenis – jenis API sangat banyak macamnya dan di sini kami akan bagikan informasi selengkapnya untuk Anda!

Jenis – Jenis API dalam Dokumentasi API

Public API

Public API sering disebut dengan Open API. Sesuai dengan namanya, API ini dapat digunakan melalui lintas platform. Jenis API ini juga sangat mudah digunakan. Anda bisa mendaftar atau bisa secara langsung memanfaatkannya melalui aplikasi.

dokumentasi API

API dengan jenis public biasanya API yang hadir diperuntukkan untuk layanan masyarakat dan sangat berguna untuk public di antaranya API untuk Google Maps dan API untuk data Covid Indonesia.

Private API

Private API tentunya memiliki perbedaan dengan public API yang sebelumnya kita sudah sebutkan. Private API tidak terbuka sebagaimana public API dan tidak ditujukan untuk penggunaan umum. Biasanya jenis API ini dibuat secara khusus untuk keperluan internal dalam upaya pengembangan aplikasi tertentu.

Sebagai contoh adalah API yang dibuat khusus dari back end yang digunakan dalam mengakses front end suatu website. Atau juga aplikasi yang hadir untuk mengembangkan suatu aplikasi mobile juga menggunakan private API.

Partner API

Partner API biasa digunakan untuk berbagai macam kepentingan umum. Akan tetapi kehadiran jenis API yang satu ini hanya sebatas pihak yang sudah memiliki izin dalam penggunaannya. Sama halnya seperti public API, memanfaatkan partner API membuat Anda tidak perlu melakukan pendaftaran kepada penyedia API lebih dulu.

Kemudian dalam penggunaannya hanya terdapat pada suatu aplikasi tertentu yang hadir sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati di awal. Sebagai contoh yang menggunakan jenis API Partner adalah API Pinterest.

API sangat berkontribusi dalam pembuatan Pinterest sehingga layanan ini sampai sekarang bisa dinikmati oleh semua orang dengan user experience yang sangat mudah.

Composite API

Jenis API yang lainnya adalah composite API. Jenis API yang satu ini merupakan API yang menyimpan suatu data dari beragam hosting atau server di dalam satu tempat. Composite API sangat menghemat waktu pengguna.

dokumentasi API bri finance

Melalui Composite API juga pengguna bisa mendapatkan beragam jenis data dalam satu kali akses saja. Penggunaannya juga sangat simple dan mudah.

Melalui API, setiap programmer dapat berkomunikasi dengan bahasa pemrograman yang berbeda. Hal ini tentu akan sangat memudahkan pekerjaan dari programmer atau developer. Bahkan mereka tidak perlu menyediakan seluruh data sendiri karena keberadaan API.

Dengan adanya API, data yang diperlukan cukup diambil dari platform lain. API juga menjadi sebuah alternatif alat yang memungkinkan bagi setiap orang untuk mengembangkan website dengan berbagai macam fitur yang ada di dalamnya. Anda pun bisa melakukan integrasi dengan beragam platform melalui API salah satu contohnya adalah WordPress REST API yang Anda bisa manfaatkan untuk berbagai platform.

Itulah berbagai jenis API dalam dokumentasi API yang Anda perlu tahu khususnya jika Anda merupakan seorang programmer atau developer. Anda yang bercita – cita menjadi programmer atau developer juga bisa mempelajari penulisan API untuk dokumentasi sedari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *