Dokumentasi API dalam Pemrograman Begini Cara Kerjanya

Uncategorized

API merupakan sebuah interface yang hadir untuk memberikan kemudahan bagi pekerjaan back end developer. Dengan dokumentasi API yang dimanfaatkan dalam pengembangan suatu aplikasi, aplikasi yang dikembangkan tersebut bisa dibangun komponennya secara efisien tanpa memulai dari 0.
Oleh sebab itu peran API sangat penting dalam setiap pekerjaan seorang back end developer. Mengenai cara kerja API seperti apa dalam dunia pemrograman dan dalam kaitannya dengan bahasa pemrograman, berikut informasinya!
Cara Kerja Dokumentasi API dalam Pemrograman
Sebagai pemberi peran yang sangat penting dalam pemrograman suatu aplikasi bahkan yang paling ringan adalah website, cara kerja dokumentasi API penting dipelajari dan dipahami. Cara kerjanya sebagai berikut :
Aplikasi mengakses API
Tahapan pertama dalam pendokumentasian API adalah ketika pengguna mengakses suatu aplikasi. Demi memudahkan apa yang dijelaskan kali ini tentang API, kita akan ambil contoh website Traveloka. Di Traveloka ini, ketika Anda ingin melakukan pemesanan tiket pesawat untuk tujuan tertentu, maka API akan diakses.
API maskapai penerbangan Traveloka sudah dihubungkan sebelumnya sehingga dapat diakses oleh pengguna untuk mempermudah aktivitas booking tiket melalui website tersebut.
API akan merequest server
Jika aplikasi telah berhasil untuk mengakses alamat API, permintaan ini pada akhirnya akan segera diteruskan ke server maskapai penerbangan. Sehingga, API akan segera memberitahukan bahwa Traveloka butuh data penerbangan untuk tujuan serta tanggal yang memang telah disebutkan oleh calon penumpang pesawat yang memesan tiket di Traveloka.
Respon ke API akan diberikan server
Ketika data sesuai dengan permintaan hadir, server akan kembali menghubungi API sesegera mungkin. Data yang dihadirkan berupa informasi yang berkaitan dengan ketersediaan tempat duduk, jam keberangkatan dan yang lainnya.
API menyampaikan respon ke aplikasi
API tugasnya adalah sebagai penyampai. Salah satu hal yang disampaikan adalah informasi dari server ke website atau aplikasi. Dalam contoh ini, kita masih menggunakan contoh Traveloka. Traveloka akan mendapatkan suatu informasi yang didapatkan dari pihak maskapai penerbangan yang dihubungi.
Proses ini akan berlangsung bersama dengan permintaan menuju maskapai penerbangan lain. Oleh sebab itu dalam satu pencarian tiket pesawat di Traveloka misalnya, jadwal penerbangan dari berbagai maskapai akan muncul sekaligus sebagai perbandingan.
Hadirnya API memang terbukti membantu perkembangan suatu website API atau aplikasi secara lebih mudah dan lebih baik. Jadi bagi Anda yang ingin memaksimalkan perkembangan website, memudahkan proses pencarian data dan informasi data maka website atau aplikasi dengan mekanisme API perlu jadi pertimbangan Anda. Akan banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan.
Penulisan API pun bisa dilakukan dengan memanfaatkan beragam tools generator yang beredar. Beberapa tools generator yang bisa dimanfaatkan untuk penulisan API di antaranya seperti apidocjs, swagger, slate.
Apidocjs merupakan sebuah tools generator yang sederhana dengan fitur yang cukup lengkap. Cara penggunaannya untuk menulis API juga sangat mudah. Sementara Swagger merupakan sebuah tools generator yang hadir dengan beragam web framework.
Slate merupakan sebuah tools generator yang bisa digunakan untuk menulis API yang indah. Selain beberapa tools generator di atas yang telah disebutkan, sebenarnya masih banyak tools generator lain yang bisa dimanfaatkan untuk dokumentasi API.
Anda bisa memilih tools generator apapun sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga informasi yang kami berikan di atas menjadi ulasan yang membawa banyak manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *