dokumentasi API apps

Contoh Dokumentasi API dan Penjelasannya

Info Terkini

Bagi seorang back end developer, dokumentasi API menjadi suatu aspek yang sangat penting dalam kaitannya dengan pemrograman. API dapat menjadikan kebutuhan pemrograman menjadi semakin sempurna berkat kemudahan yang diberikan dalam aktivitas pemrograman itu sendiri.

Ada banyak contoh API yang digunakan untuk berbagai macam keperluan pemrograman dan di sini kami akan berikan beberapa contohnya untuk Anda. Jadi simak baik – baik ulasan selengkapnya di bawah ini ya!

Contoh Dokumentasi API dan Penjelasannya

API Facebook

Nyatanya Facebook juga telah menyediakan API. Sebagai suatu platform media sosial tentu saja Facebook memiliki data akun pengguna seperti halnya postingan, data – data pembayaran, games dan yang lainnya.

dokumentasi API aplikasi

Dalam penggunaannya ini, Anda dapat menampilkan profil Facebook atau suatu fanspage di sebuah website. Sehingga profil bisa dikenal oleh pengunjung dan bisa menjadi teman Facebook Anda. Oleh sebab itu Facebook selalu populer dan banyak digunakan untuk menjadi media partner bisnis karena memang reach yang dihasilkan sangat bagus.

API Google Maps

Contoh dokumentasi API yang selanjutnya adalah API yang digunakan Google Maps. Google Maps menjadi sebuah aplikasi yang menyediakan API berisi dengan data peta. Fitur dari Google Maps ini memungkinkan untuk menampilkan lokasi pengguna sampai dengan jarak dari satu lokasi menuju ke lokasi yang lainnya.

Nah, ketika misalkan Gojek atau aplikasi lain menggunakan API Google Maps, maka nantinya segala macam fitur yang dimiliki oleh Google Maps akan bisa dinikmati oleh pengguna aplikasi Gojek. Hal ini karena API Google Maps menjadi narahubung untuk pengguna Gojek sekaligus.

Penetapan lokasi akurat bagi setiap penumpang juga akan didapatkan dengan penggunaan API Google Maps oleh Gojek. Selain itu, penentuan tarif berdasarkan jarak tempuh akan sesuai dengan data – data yang diterima oleh Google Maps.

API Qantas

Sampai saat ini ada banyak maskapai penerbangan yang menyediakan API, salah satunya adalah Qantas yang merupakan sebuah perusahaan transportasi asal Australia. Perusahaan Qantas ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pemesanan tiket melalui website resmi mereka.

dokumentasi API Bonus Nasabah Tertipu Oknum Karyawan BRI

Salah satu aplikasi pengguna API Qantas adalah Expedia. Jadi ketika pencarian tiket di tanggal dan tujuan tertentu dilakukan, maka informasi akan muncul sesuai kriteria informasi yang dicari di Expedia karena diekspor dari Qantas.
Mereka juga menyediakan API untuk website atau aplikasi lainnya. API yang dihadirkan akan berisi mengenai data pemesanan tiket pesawat untuk berbagai macam platform. Sebagai contoh jadwal keberangkatan pesawat, jumlah kursi yang tersedia sampai dengan harga tiket pesawat.

Apakah semua aplikasi sudah dilengkapi dengan API? Tentu saja tidak. Masih banyak developer yang belum mempraktekkan penggunaan API. Hanya saja developer yang belum menggunakan API tentu dihadapkan dengan banyak proses manual yang sangat sulit karena tidak memiliki jembatan untuk bahasa pemrograman pada setiap komponen aplikasinya.
Hal ini karena fungsi API yang sangat vital dalam kaitannya dengan bahasa pemrograman. Aplikasi yang sudah menggunakan API tentu akan bisa meraih banyak manfaat seperti :

Memperoleh kemudahan dalam pengembangan aplikasi
Kemudahan dalam manajemen aplikasi karena tidak perlu menulis script dari 0
Dapat membangun suatu aplikasi yang profesional dan fungsional tanpa perlu menambahkan data secara manual
Meringankan beban server dalam aplikasi yang sedang dibangun

Itulah beragam aspek yang berkaitan dengan manfaat serta contoh dokumentasi API. Jadi bagi Anda back end developer, penting belajar tentang API dan semoga informasi kali ini membawa manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *