Wakaf Uang anda

Apakah Wakaf Uang Diperbolehkan?

Info Terkini

Bagi masyarakat yang masih awam pasti mengetahui jika wakaf merupakan sesuatu yang diberikan untuk kepentingan umum. Seperti wakaf tanah untuk pembangunan masjid atau madrasah sekolah, padahal ada jenis wakaf lainnya selain tanah atau harta kekayaan lainnya. Mari simak informasi di bawah ini seputar jenis wakaf yang diperbolehkan dan apakah wakaf uang diperbolehkan? Yuk lihat penjelasannya di bawah ini!

Jenis-jenis Wakaf yang Dibolehkan dalam Islam

1. Wakaf Ahli

Wakaf yang satu ini juga sering disebut wakaf keluarga yang dilakukan untuk kesejahteraan keluarga (nasab) keturunan atau kerabatnya atau berdasarkan hubungan darah yang dimiliki antara wakif dan ahli wakif. Terdapat beberapa Negara yang sudah menghapus ketentuan wakaf tersebut, karena dianggap tidak memberi manfaat yang banyak untuk masyarakat umum.

Wakaf Uang joko

2. Wakaf Khairi

Selanjutnya jenis wakaf yang diperbolehkan yakni wakaf khairi yang diberikan untuk kepentingan umum dan dimana pihak pewakaf memberikan syarat pada penggunaan wakafnya untuk hal-hal kebaikan yang terus menerus seperti, pembangunan masjid, sekolah, rumah sakit, kuburan atau tempat-tempat yang lain. Jenis wakaf ini untuk mereka yang tidak memiliki hubungan keluarga, kerabat, atau pertemanan lainnya antara wakif dengan penerima.

3. Wakaf Musytarak

Jenis wakaf yang satu ini merupakan jenis wakaf yang manfaatnya ditujukan untuk keturunan pihak pewakaf dan masyarakat umum. Sebagai contohnya ialah yayasan yangberdiri di atas tanah wakaf yang boleh digunakan pihak keluarga dan keturunan si pewakaf dan juga diperuntukkan kepada masyarakat umum. Contoh lain seperti sumur pribadi yang boleh digunakan untuk kepentingan masyarakat orang banyak.

4. Wakaf Benda Tidak Bergerak

Jenis wakaf berikutnya ialah wakaf benda tidak bergerak seperti, tanah, bangunan, perkebunan, rumah sakit, rumah susun dan benda-benda tidak bergerak lainnya. Jenis wakaf ini bisa dimanfaatkan untuk kepentingan orang tertentu seperti kelompok atau kepada masyarakat umum lainnya. Kegiatan wakaf tersebut akan sah jika telah memenuhi persyaratan sesuai dengan undang-undang dan sesuai hukum dalam islam.

5. Wakaf Benda Bergerak Selain Uang

Selanjutnya ada jenis wakaf yang diperbolehkan adalah jenis wakaf benda bergerak selain uang. Seperti contoh surat berharga, hak atas kekayaan intelektual, bahan bakar minyak, alat transportasi, dan lain sebagainya. Seperti jenis wakaf transportasi, rumah sakit, dan sekolah, yang digunakan atau dimanfaatkan agar masyarakat bisa menikmati fasilitas umum secara luas dan berkelanjutan.

Wakaf Uang

Sedangkan seperti surat berharga, saham, atau hak atas kekayaan intelektual lainnya dengan tujuan sebagai penanaman modal dalam produksi barang serta pelayanan jasa yang digunakan dalam tujuan kebaikan. Jenis wakaf tersebut juga tidak bisa diwariskan atau diperuntukkan kepada pihak tertentu seperti keluarga atau perorangan.

6. Wakaf Berdasarkan Harta Uang (Wakaf Tunai)

Jenis wakaf yang satu ini sering sekali ditanyakan oleh sebagian orang yang masih ragu dalam melaksanakan wakaf uang tersebut. Ada beberapa ulama atau para ahli hukum islam yang mengatakan jika wakaf berupa uang diperbolehkan dan ada sebagian ulama yang bilang jika tidak diperbolehkan. Namun karena pada jaman Nabi, jenis wakaf tunai memang belum ada dan belum dijelaskan keberadaan haditsnya.

Di Indonesia jenis wakaf ini sudah diperbolehkan atau dalam hukum islam disebut (jawwaz). Jenis wakaf ini diperbolehkan dengan syarat, uang tersebut disalurkan dan digunakan untuk hal-hal yang diperbolehkan secara syar’i. Dan nilai pokok wakaf uang tersebut harus dijamin kelestariannya, tidak boleh dijual, dihibahkan, atau diwariskan kepada siapapun. Hanya untuk kepentingan seluruh masyarakat dan bukan milik pribadi.

Nah, itu tadi penjelasan singkat mengenai jenis harta yang bisa diwakafkan meskipun dalam jumlah uang tunai. Selain diperbolehkan, wakaf tersebut juga harus memenuhi syarat dalam ketentuan undang-undang yang telah diatur dalam perwakafan. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan dan juga ilmu pengetahuan mengenai seputar wakaf yang dibolehkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *