Macam Wakaf Pengertian Wakaf Uang, Landasan Hukum dan Manfaat Wakaf

4 Macam Wakaf Yang Diperbolehkan

Info Terkini

Wakaf adalah amalan dalam Islam yang bersifat sunnah. Orang yang ingin berwakaf haruslah mampu dan mempunyai harta benda miliknya sendiri. Tetapi tahukah anda, bahwa wakaf mempunyai banyak macamnya. Berikut adalah informasi tentang 4 macam Wakaf Yang Diperbolehkan.

4 Macam Wakaf Yang Biasa Dilakukan

1. Wakaf Berdasarkan Peruntukkan

Jenis wakaf yang pertama ini adalah wakaf yang dibedakan berdasarkan peruntukkannnya. Jenis wakaf satu ini dibagi menjadi dua, yaitu Wakaf ahli dan Wakaf Khairi. Wakaf ahli yang sering juga disebut sebagai wakaf Dzurri atau wakaf ’alal aulad ini adalah wakaf yang di peruntukkan bagi lingkungan keluarga dan kerabat dekat.

Macam Wakaf

Wakaf satu ini juga akan melingkupi aspek kepentingan dan jaminan sosial dalam lingkup keluarga dan sanak saudara. Kemudian jenis wakaf yang kedua adalah Wakaf Khairi. Wakaf ini cakupannya akan lebih luas yaitu untuk kepentingan agama secara umum dan untuk kepentingan masyarakat lebih luas.

2. Wakaf Berdasarkan Jenis Harta

Wakaf juga bisa dibedakan berdasarkan jenis harta yang akan diberikan. Harta yang boleh diwakafkan bisa berbentuk benda tidak bergerak, benda bergerak selain uang dan benda bergerak berwujud uang. Untuk harta berupa Benda tidak bergerak antara lain seperti Hak atas tanah, Bangunan, dan benda lain yang berkaitan dengan tanah.

Sedangkan untuk jenis harta Benda bergerak lain selain uang antara lain seperti harta berpindah, barang yang bisa dihabiskan dan barang yang tidak bisa dihabiskan, wakaf dalam wujud Air atau Bahan Bakar Minyak, Surat berharga dan juga Hak Atas Kekayaan Intelektual. Sedangkan jenis wakaf Benda bergerak berupa uang sudah jelas bisa berupa uang tunai.

3. Wakaf Berdasarkan Waktu

Wakaf juga bisa dibedakan atas waktu yang diberikan. Wakaf jenis ini terbagi menjadi dua yaitu wakaf Muabbad dan juga wakaf Mu’aqqot. Wakaf yang pertama adalah wakaf Muabbad yang merupakan wakaf yang bisa diberikan dengan jangka waktu selamanya. Harta benda yang akan diberikan bersifat selamanya dan tidak di tarik kembali.

Macam Wakaf Berbagi Listrik Wakaf Produktif

Sedangkan untuk jenis wakaf berdasarkan waktu kedua adalah Mu’aqqot. Wakaf satu ini mempunyai jangka waktu dalam pemberiannya. Jangka waktu biasanya akan ditentukan oleh pemberi wakaf dengan penerima wakaf melalui sebuah perjanjian dan proses wakaf yang sah. Sehingga dalam prosesnya tidak disangsikan bila sudah mendekati batas waktu.

4. Wakaf Berdasarkan Penggunaan

Wakaf jenis yang terakhir adalah wakaf di bedakan berdasarkan penggunaannya. Kegunaan harta benda wakaf dibagi menjadi dua jenis yaitu wakaf Ubasyir atau dzati dan wakaf Mistitsmary. Wakaf Ubasyir adalah jenis wakaf yang akan di gunakan untuk kepentingan pelayanan masyarakat seperti rumah sakit atau madrasah.

Sedangkan untuk wakaf Mistitsmary adalah wujud wakaf yang bertujuan untuk memberi modal. Modal yang diberikan untuk menjalankan proses produksi ini kemudian akan menghasilkan suatu barang. Barang hasil produksi ini kemudian akan di wakafkan sesuai dengan keinginan pemberi wakaf tersebut.

Berbagai jenis Wakaf Yang Diperbolehkan ini cakupannya begitu luas. Sehingga akan memudahkan orang yang ingin melakukan wakaf dengan cara yang mampu dilakukan. Hal ini juga menjadikan presepsi wakaf yang berupa tanah kosong saja tidak benar. Wakaf juga bisa dengan bentuk yang lainnya.

Informasi terkait beberapa jenis Wakaf diatas semoga akan membuat pengetahuan anda tentang amalan satu ini menjadi lebih banyak. Bagi anda yang ingin berwakaf juga bisa mengetahui apa saja jenis wakaf yang bisa dilakukan. Wakaf adalah amalan sunnah yang bisa memberi manfaat yang luas bagi kehidupan masyarakat banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *